Cara Pesan, Beli dan Bayar Tiket Kereta Api Online

Saat ini pesan, beli, bayar dan booking tiket kereta api bisa dilakukan secara online mulai dari H Minus 30 sampai H-1 dengan menggunakan smartphone, laptop atau gadget dengan fasilitas pembayaran melalui ATM.

Koq bisa ya pesan dan beli tiket kereta api online via internet? Berikut ini penjelasannya :
Untuk melayani kebutuhan pelanggan akan kemudahan booking tiket kereta api, PT. Kereta Api Indonesia telah mengimplementasikan sistem reservasi (pemesanan) dan pembelian serta pembayaran tiket kereta api secara online dengan bekerja sama dengan pihak perbankan, yakni pembayaran melalui ATM.

SISTEM PELAYANAN

Pemesanan tiket via Call Center PT. Kereta Api Indonesia dapat dilakukan dalam waktu 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, artinya konsumen dapat melakukan reservasi kapan saja dengan melakukan dial ke nomor 13897 (13TYP) menggunakan telepon selular (saat ini CDMA belum bisa).

 BACA JUGA : CARA PESAN TIKET KERETA VIA TIKETKAI.COM


Pemesanan per transaksi yang dilakukan oleh calon penumpang untuk 1 (satu) tiket maksimal hanya 4 (empat) tempat duduk untuk kereta api yang sama dan dalam satu penukaran booking ticket melalui fasilitas layanan perbankan. Penukaran booking tiket ini hanya dilayani di loket stasiun atau Pusat Pelayanan Reservasi tiket kereta api.

Apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada sistem tiket, Call Center tidak dapat melayani reservasi tiket kereta api.

PROSEDUR PEMESANAN

Calon penumpang melakukan pemesanan tiket dengan menghubungi Call Center PT. Kereta Api Indonesia di nomor 13897 menggunakan telepon selular atau 021-6916060, 021-23507000.

Petugas akan melayani dengan menanyakan informasi mengenai identitas kepada calon penumpang, yakni :

- Nama dan alamat calon penumpang (sesuai KTP/ SIM/Kartu Identitas)

- Nama dan Kelas kereta api yang dipesan

- Tanggal dan Jam Keberangkatan kereta api

- Stasiun asal dan tujuan penumpang

- Jumlah penumpang

Setelah petugas Call Center berhasil melakukan entri data dalam proses reservasi atau pemesanan, kemudian sistem akan dilanjutkan dengan mengirimkan SMS ke pemesan yang berisi informasi mengenai tiket kereta api yang dipesan disertai kode pemesanan dan jumlah transaksi yang harus dibayarkan ke bank.

Calon penumpang atau konsumen harus membayar transaksi pemesanan tiket melalui ATM sebesar nilai transaksi tersebut sesuai kode pemesanan.

Jangka waktu pembayaran adalah 3 (tiga) jam dari waktu pemesanan dan apabila telah lewat dari 3 (tiga) jam dari waktu pemesanan secara otomatis dianggap batal.

Apabila transaksi telah berhasil dibayarkan maka secara otomatis data tersebut akan terkirim ke PT. Kereta Api Indonesia dan tiket dapat dicetak.

PROSEDUR PENGAMBILAN TIKET

Setelah pembayaran tiket selesai, selanjutnya tiket kereta api dapat di cetak dan diambil di loket stasiun dengan menyerahkan : Struk ATM atau kode pemesanan dengan disertai fotocopy KTP/Kartu Identitas yang masih berlaku.

PROSEDUR PEMBATALAN

Pembatalan tiket hanya bisa dilakukan melalui tempat-tempat sebagai berikut :
- Di Pusat Pelayanan Reservasi
- Di Stasiun yang melayani tiket komputer

Pembatalan meliputi batal tunda sampai dengan H -1 dan batal pembeli sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan kereta api disertai denda sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pembatalan karena force majeure akan ditangani oleh PT. Kereta Api Indonesia dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.@

Subscribe to receive free email updates: